Tips mudah mengaransemen lagu

30 11 2009

Secara sederhana definisi aransemen sebuah lagu adalah menambah ataupun mengurangi bagian-bagian dari sebuah lagu. Melakukan aransemen terhadap suatu lagu sangatlah mudah. Konsep dasarnya adalah secara garis besar lagu tetap seperti aslinya, kita hanya menambahkan beberapa improvisasi baik di musiknya (intro, bridge, melodi ataupun penutup) maupun vokalnya. Saya pernah mengaransemen beberapa lagu untuk band sekolah dimana saya mengajar (kebetulan saya adalah pembina band-nya) yang akan ikut festival band, nama bandnya adalah MAGMA BAND. Lagu yang saya aransemen  adalah lagu Kota Santri (Nasida Ria) untuk lagu pilihannya dan Para Pencarimu (Ungu) untuk lagu wajibnya yang kesemuanya saya aransemen dalam musik rock dan alhamdulillah bisa meraih juara. Berikut adalah langkah mudah untuk mengaransemen sebuah lagu :

  1. Syarat paling mutlak tentunya adalah anda sedikit mengerti musik dan harus bisa memainkan dan mengiringi sebuah lagu dengan sebuah instrumen musik (gitar/keyboard)
  2. Pilih sebuah lagu yang akan di aransemen
  3. Tentukan lagu tersebut akan di-aransemen dalam jenis musik apa, apa musik rock, pop, dangdut atau apapun terserah anda.
  4. Misalkan anda memutuskan untuk mengaransemen lagu tersebut dalam musik rock, maka sebelum mulai mengaransemen sebaiknya anda mendengarkan beberapa lagu-lagu rock favorit anda sebagai bahan referensi atau sumber inspirasi untuk bahan aransemen. Insyaallah akan muncul banyak ide untuk menambah ataupun mengganti musiknya.
  5. Jangan lupa untuk menyiapkan alat perekam agar hasil aransemen bisa direkam sehingga  kita tidak lupa dengan hasil aransemen tersebut. Bisa ditulis dengan not angka ataupun not balok, tetapi terlalu lama, kurang efisien.
  6. Selanjutnya hasil aransemen di vonis bagus ataupun jelek tergantung penilaian orang ataupun juri apabila memang lagu tersebut di buat untuk festival.

Selamat mencoba

About these ads

Aksi

Information

40 responses

8 12 2009
Iwan _Kota

Hebat euy

20 07 2010
anggha night dream

pasti saya akan lebih muda mengaransemen lagu

karna telah membaca .TIPS MUDAH MENGARANSEMEN LAGU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

21 08 2010
nasir

mohon lebih mendetail lagi tips nya…..

6 09 2010
idotamtomo

mana yang kurang jelas, insyaallah saya akan jelaskan lagi

20 09 2010
Seminyak Bali villas

terima kasih atas tipsnya..mudah2n saya dapt menerapkanya..bisa mohon diperjelas lagi agar saya dapat mengerti dengan lancar,karena saya hanya pemain musik yang pemula..terima kasih banyak.

29 03 2011
idotamtomo

sama-sama, moga bermanfaat, silahkan tanyakan bagian apa yang kurang jelas, nanti insyaallah saya coba bantu karena saya juga masih terus belajar…trim

27 01 2011
cara mudah mengaransement lagu | lisa purple

[…] cara mudah mengaransemen lagu […]

29 03 2011
idotamtomo

Makasih udah kunjungi blog saya

11 02 2011
fuzzyndo666

kalo mau ngarang musik buat lagu lagu cadas gimana mas?

29 03 2011
idotamtomo

Sama mas, tentukan tema lagu, buat syairnya (kutip dari buku2 atau cari di internet), dengarkan musik2 cadas favoritmu agar dapat ide untuk musiknya dan kalau udah dapat tulis notnya atau rekam saja pakai hp biar tidak lupa, terakhir panggil teman2 band anda dan lengkapi musik anda dengan iringan instrumen…selamat mencoba

8 05 2011
opiek

yah aku di suruh guruku suruh bikin aransemen lagu kok ini gk ada contohnya yah………………………………………………………………………………………?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

19 05 2011
idotamtomo

pada dasarnya aransemen lagu itu merubah suatu lagu (kecuali lirik dasarnya). Yang dirubah bisa musiknya, atau nadanya (menambah beberapa nada baru pada beberapa bagian tertentu) dan setelah kamu rubah bisa kamu rekam di hp kamu (kalau tdk bisa tulis
notasi angka/balok). Contohnya misalkan suatu lagu di akhiri denagn nada sol (5) bisa kamu rubah ke mi tinggi (3)…selamat mencoba

18 10 2011
regita nur'aini novita sari

msh bingung nh d.sruh ngaransemen lagu wajib sama guru
ada yang lebih mudah lagi gak???

10 11 2011
nugraha05

tau software untuk merubah arasement ga ?
kaya lagu rock di rubah ke dangdut ?
kalo tau tolong share dong ?

25 11 2011
idotamtomo

Sepengetahuan saya tidak ada, saya biasanya cukup menggunakan gitar akustik/elektrik dan keyboard

30 11 2011
SYAIFUL

kunjungan pagi bro
apa kabar

1 02 2012
idotamtomo

Pagi pak, maaf baru balas…trim udah kunjungi blog saya

24 07 2012
Rumalolas Ahmad

Aslkum Pak… saya (Ahmad Rumalolas)
senang sekali bisa dapat informasi dan cara menaransiment lagu . namun blum paaham sekali. saya sudah punya lagu, pengen sekali bisa di aransemen, mohon bantuannya… ini nomor kontak saya 085310901617 atau email : rumalolas@yahaoo.co.id

13 12 2012
idotamtomo

Wassallam….Alhamdulillah kalau tulisan saya bermanfaat untuk kamu. Coba kamu lihat jawaban saya tentang aransemen lagu di komentar-komentar diatas, Insyaallah pertanyaanmu sudah saya jawab. kalau kurang jelas tanya lagi aja ya…bagian mana yang tidak jelas. Semangat bro…!

15 09 2012
andri parsena

apakah ada jasa layanan aresmen lagu?
saya butuh bantuan nya.

13 12 2012
idotamtomo

Kalau resmi tidak ada, tapi kalau kamu memang butuh kamu bisa cari musisi-musisi di kotamu (biasanya banyak ngumpul di tempat kursus musik) terus sampaikan maksudmu, pasti dibantu karena rata-rata musisi itu suka menolong he…he…atau kenapa tidak coba belajar aransemen sendiri, siapa tau kamu bakat. Coba baca penjelasan/jawaban saya di komentar-komentar diatas. Jangan menyerah ok..

27 09 2012
santana

masih kurang ngerti om, bisa lebih detil ngak penjelasannya??

13 12 2012
idotamtomo

Coba kamu lihat jawaban saya tentang aransemen lagu di komentar-komentar diatas, Insyaallah pertanyaanmu sudah saya jawab

19 10 2012
Mukhammad Faris

jika mengaransemen sebuah puisi menjadi musik itu bagaimana?

13 12 2012
idotamtomo

1. Tentukan jenis puisimu temanya tentang apa.
2. Misal tentang Tuhan, maka kamu tentukan dulu puisi tersebut mau kamu jadikan musik apa, rock, pop, dangdut dll.
3. Misal kamu jadikan musik rock, maka kamu coba dengar banyak lagu-lagu rock favoritmu untuk mencari ide nada dan aransemennya.
4. Ciptakanlah melodi/nada untuk puisi tersebut sesuai dengan hatimu, karena mencipta nada lagu itu dengan hati biar ok.
5. Setelah selesai melodi/nadanya maka aransemenlah dengan memberi intro/improvisasi/solo gitar/solo keyboard dll.
6. Intinya mengaransemen puisi menjadi musik itu adalah melagukan sebuah puisi sehingga enak di dengar.
7. Selamat mencoba.

12 11 2012
Grandian

pak kalau aransemen musik sederhana ?

13 12 2012
idotamtomo

1. Langkah awal kamu harus menguasai lagu itu baik kunci maupun nadanya.
2. Kemudian kamu tentukan lagu tersebut mau kamu aransemen jadi jenis musik apa (dangdut, pop, rock dll.)
3. Setelah kamu tentukan jenis musiknya, misalnya rock, maka dengarkan lagu-lagu rock favoritmu untuk mencari ide aransemen.
4. Setelah dengar banyak lagu-lagu rock, maka bereksperimenlah dengan lagu yang akan kamu aransemen.
5. Tambahlah lagu yang akan kamu aransemen dengan intro/melodi/improvisasi yang ngerock di bagian yang kamu suka.
6. Sehingga lagu yang kamu aransemen menjadi lagu dengan penampilan baru tanpa harus merubah nada dasar lagu aslinya.
7. Ingat inti dari mengaransemen adalah jangan merubah nada dasarnya tetapi menambah asesorisnya (intro/melodi dll) sehingga tambah ok.
8. Mainkan lagu yang telah kamu aransemen tadi berulang-ulang, nilai lah tambah bagus atau malah sebaliknya.
9. Selamat menjadi musisi baru

17 08 2013
andika

mau tanya pak, berarti klo mau mengaransemen sebuah lagu…
chord pada liriknya itu ttp dengan lirik aslinya ya?

15 01 2014
idotamtomo

hemm…gak harus sama bisa di naikkan atau diturunkan sesuai kemampuan vokalisnya….ok..tanya lagi kalau kurang jelas..trim

21 11 2014
idotamtomo

boleh tapi melodinya di buat agak mutakhir dikit ya…

5 09 2013
manahanthepianist

buat contoh lagu yg udah di arensemen kakak lagu apa ajj ada kan,,…??????????????

15 01 2014
idotamtomo

ok…segera saya upload..trim

21 11 2014
idotamtomo

ok deh …soon ya

6 10 2013
ruth

kalo ngaransemen lagu yamko rambe gmana y,mhn bntuan ny

15 01 2014
idotamtomo

hai ruth…sama aja..dengan tips yang sudah saya upload…tentukan dulu mau di aransemen jadi lagu apa..rock, dangdut atau yang lain. kalau misal mau diaransemen jadi lagu rock, ya kamu dengarkan lagu-lagu rock favoritmu, setelah puas coba kamu ubah lagu yamko rambe itu dengan style rock favoritmu..lebih enak kalau kamu bisa main alat musik, semakin membantu…biar gak lupa kamu rekam dengan hp atau semacamnya hasil aransemenmu….gimana? kurang jelas kah…tanya lagi kalau kurang..ok

21 11 2014
idotamtomo

sama aja ….tapi yang penting jangan persis aslinya…kordnya sama juga ga pa2…selamat mencoba

28 08 2014
putu ristiani

Kak, hal apa yang harus dilakukan sebelum mengaransemen lagu

21 11 2014
idotamtomo

dengarkan lagu-lagu kesukaanmu sesering mungkin kemudian coba aransemen lagu mu..pasti ide / kreasi mengalir…ok

21 09 2014
desti.chlaudia9e@gmail.com

apakah mengaransemen lagu itu boleh mengambil nada dari lagu yang sudah ada???

21 11 2014
idotamtomo

boleh aja…tapi lebih sreg kalo hasil kreasi kita sendiri…coba deh..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: