Tips dan Trik menghadapi NADIA SAPHIRA

30 11 2009

Ada virus baru yang cukup membuat repot para pengguna PC yaitu virus NADIA SAPHIRA. Virus ini lumayan jahat karena mempunyai sifat merusak yang cukup fatal. Ciri-ciri dari virus ini adalah :

  1. Virus ini membuat sebuah folder yang bernama NADIA SAPHIRA dan apabila dihapus maka dengan segera akan muncul kembali.
  2. Virus ini akan membuat komputer berat ketika bekerja.
  3. Yang fatal virus ini membuat komputer tidak bisa di shut-down, sehingga untuk mematikan PC harus menekan tombol power, inilah yang saya maksud bahwa virus ini merusak komputer karena PC tidak di dimatikan dengan cara yang seharusnya dan apabila si pemilik PC tidak menyadari serangan virus ini dan terus menerus melakukan hal ini maka akibatnya hard disk akan cacat/rusak.
  4. CD ROM tidak berfungsi baik ketika dilihat di windows explorer ataupun ketika dimasukkan sebuah cd kedalamnya.

Komputer saya juga tidak luput dari serangan virus ini yang menurut beberapa teman berasal dari Sulawesi dan dibuat dengan program visual basic, Alhamdulillah setelah melakukan beberapa eksperimen sederhana akhirnya si virus bisa dibasmi tuntas dari komputer saya dan CD ROM berhasil digunakan kembali. Adapun hal-hal yang saya lakukan dalam membasmi virus ini dari komputer saya adalah :

  1. Menginstal dan scanning komputer saya dengan anti virus buatan Indonesia sendiri yaitu SMADAV, klik di sini untuk menginstal SMADAV ke PC anda. Setelah mencoba beberapa anti virus yang free baik dari luar negeri maupun dalam negeri (PCMAV) hanya SMADAV yang mampu mendeteksi sekaligus membasminya dengan tuntas.
  2. Untuk membuat CD ROM bekerja kembali maka saya masuk ke bios dengan cara (mungkin ada yang belum tahu) :
  • Me-restart kembali PC saya
  • Setelah restart maka PC akan mati sejenak, dalam keadaan mati ini maka tekan tombol F2 untuk masuk ke bios (di komputer lain bisa juga tombol fungsi yang lain (bukan F2) tergantung dari motherboardnya).
  • Setelah masuk bios maka saya masuk menu boot dan saya melakukan beberapa perubahan yaitu first boot device-nya adalah CD ROM dan second boot device-nya adalah Hard Disk.
  • Setelah di simpan (untuk cara simpan lihat keterangan di dalam bios), maka exit untuk keluar dari bios dan memulai booting windows.

Insyaallah setelah booting selesai maka di windows explorer, CD ROM akan tampak dan bisa digunakan kembali. Selamat mencoba.


Aksi

Information

2 responses

13 09 2010
Zhang

Maaf..komputer saya sudah benar2 bersih dari virus tetapi masih saja tidak bisa dishutdown. Lalu antisipasinya bagaimana ya?? terima kasih..

29 03 2011
idotamtomo

untuk kasus anda mungkin dari segi software biasanya kalau pakai windows berarti windowsnya harus di install ulang, kemungkinan besar file nya ada corupt, coba dulu ya…karena dulu saya juga punya pengalaman seperti itu dan saya install ulang hasilnya ok..moga berhasil

Tinggalkan Balasan

